Cukup Tidur & Tak Stres Sukses Turunkan Berat Badan
KURANG tidur kronis dan stres berat merupakan faktor paling serius membuat seseorang memiliki kelebihan berat badan. Orang yang sedikit tidur dan hidup dalam kondisi ketegangan yang konstan, tidak mungkin untuk menurunkan berat badan, bahkan pada diet yang paling efektif dan menjalani program kebugaran.
Para ahli di Yale University, Amerika Serikat telah mengamati 472 orang yang mengalami kelebihan berat selama 26 pekan. Semua orang tersebut tengah menjalani tes diet rendah kalori kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dan menjaga kebugaran dengan berolahraga minimal tiga jam per pekan.
Rata-rata para relawan berhasil menurunkan 7 pound atau setara dengan 3,5 kilogram, tetapi mereka yang tidak cukup tidur dan sering gugup hanya kehilangan 3,5 pound atau 1,6 kilogram, bahkan kurang dari angka tersebut. Demikian yang disitat dari Genius Beauty, Senin (4/4/2011).
Jadi, relawan yang paling berhasil dalam proses pelangsingan tubuh adalah mereka yang tidur selama enam sampai delapan jam per hari, dan memiliki tingkat stres yang rendah.